Headlines News :
'
Home » » Dunia mushibah baginya

Dunia mushibah baginya

Written By Al-ghuraba on Rabu, 06 Juli 2011 | Rabu, Juli 06, 2011

*** Edisi Selasa, 4 Sya’ban 1432 H

Suatu hari ‘Umar bin Khattab radyiallahu anh meminta untuk mencatat nama-nama fakir miskin di wilayah Syiria, nama yang pertama dicatat adalah Sa’id bin ‘Amir, Amir (gubernur) Syiria. Maka ‘Umar pun kaget, lalu bertanya, “Celaka kalian, lalu dipakai untuk apa tunjangan dari Baitul Maal yang aku berikan padanya ?”

Mereka menjawab, “Keadaannya memang demikian , dialah orang yang paling miskin diantara kami. Kusut penampilannya dan lusuh pakaiannya, dan itu nampak dalam kehidupan sehari-harinya”.

Lalu ‘Umar mengirim utusan dengan membawa kantong berisi sejumlah uang untuk diberikan kepada Sa’id bin ‘Amir, dia menyerahkan kantong uang tersebut seraya berkata, “ini dari Amirul-Mukminin ‘Umar radyiallahu anh”. Ketika Sa’id membuka kantong tersebut dan melihat kepingan Dirham dan Dinar didalamnya, maka dia menangis, ia merasa shok dan tak mampu berkata apa-apa. Melihat keadaan Sa’id , istrinya (yang waktu itu masih pengantin baru) bertanya, “Musibah apa yang menimpa kaum muslimin, ? apakah Amirul-Mukminin terbunuh ?”
“Tidak, bahkan lebih gawat lagi” jawabnya.

“Apakah benteng pertahanan mereka bobol, sehingga musuh berhasil masuk ke daerah perbatasan ?” Tanya istrinya lagi.
“Tidak, bahkan lebih gawat lagi”. Jawab Sa’id.

“Musibah apalagi yang lebih gawat dari dua hal di atas ?, Tanya istrinya.
Sa’id bin ‘Amir menjawab, “ Telah dibukakan dunia atas suamimu. Demi ALLAH , aku pernah menjalani hidup bersama Rasulullah shollallahu alaihi wasallam namun tidak dibukakan dunia kepada kami, dan aku pernah menjalani kehidupan bersama Abu Bakr , namun juga tidak dibukakan dunia kepada kami. Sekarang aku menjalani kehidupan bersama “umar dan ternyata dunia telah dibukakan lebar-lebar dihadapan kami, sesungguhnya hari-hari terburuk yang kulalui dalam hidupku adalah hari-hari pada masa pemerintahan ‘Umar “.

Sejurus kemudian uang-uang yang dikirim Amirul-mukminin tak tersisa sedikitpun. Sa’id bin ‘Amir yang zuhud ini membagikannya kepada kaum muslimin yang faqir dan miskin, dia melakukan hal ini setelah terlebih dahulu berhasil merayu istrinya dan menenangkannya bahwa ia akan menyimpannya ditempat penyimpanan yang aman dan menguntungkan… ya,.. penyimpanan disisi ALLAH yang akan diambilnya kelak di hari qiyamat.

Musibah bagi orang yang zuhud

Sesungguhnya musibah bagi orang yang zuhud adalah dunia yang akan melalaikannya. Harta yang datang kepadanya dan setiap apa yang akan melalaikannya dari akherat adalah musibah yang besar baginya, ia khawatir hatinya menjadi tidak tenang dan kegandrungan kepada dunia akan bertambah sedang kecintaan kepada apa yang dijanjikan di akherat menjadi berkurang.

Sosok Sa’id bin ‘Amir radyiallahu anh adalah diantara teladan ummat ini yang mengerti akan bahaya dunia dan kesenangannya. Jiwanya sudah tergembleng dibawah pendidikan yang mulia dari Nabi shollallahu alaihi wasallam. Ia masuk islam agak-akhir-akhir menjelang wafatnya Rasulullah shollallahu alaihi wasallam karena sebelum itu ia masuk kecil, namun demikian tarbiyah yang ia terima dari teladan manusia terbaik dimuka bumi cukup untuk menjadikannya orang yang zuhud yang mengerti hinanya dunia dan mulianya akherat.

Dan sejatinya seperti itulah seluruh para shahabat Nabi shollallahu alaihi wasallam, mereka benar-benar mengerti arti kehidupan yang sesungguhnya. Dienul-islam dan kemuliaan ajarannya telah menghantarkan mereka menjadi sosok yang luhur yang memiliki jiwa yang mulia yang tidak ingin dikuasai dunia. Kecintaanya kepada islam, persaudaraan yang kokoh sesama mukmin dan sifat amanah menjalankan tugas suci untuk agama ALLAH telah mendarah daging dalam jiwa mereka. Seluruh potensi yang diterimanya dari karunia ALLAH mereka alirkan untuk kepentingan islam dan kaum muslimin.

Mereka infaqkan harta yang dimilikinya untuk perjuangan islam dan mereka tidak takut miskin…. Mereka shadaqahkan perbendaharaannya kepada saudara-saudara seimannya dan mereka tidak takut menjadi faqir. Mereka lebih mendahulukan keperluan saudaranya daripada keperluan dirinya sendiri walaupun sebenarnya mereka lebih memerlukannya. Mereka juga sanggup memberikan pengorbanan untuk kemuliaan agama islam walau dengan harga yang termahal sekalipun. Inilah jiwa-jiwa yang bersinar dengan cahaya islam,.. dan hati-hati yang bercahaya dengan keimanan yang mendalam.

Jika kita ingin mengerti lebih jauh bagaimana kita bisa memiliki pribadi-pribadi agung seperti mereka, maka telusuri, simak dan renungkanlah perjalanan hidup guru mereka, yaitu Rasulullah shollallahu alaihi wasallam. Fahami bagaimana beliau memberikan tarbiyah mendasar dalam perkara-perkara prinsip dalam islam kepada para shahabatnya. Dan jika kita memiliki keinginan untuk menjadi seperti mereka, maka bersiaplah untuk mempersembahkan pengorbanan, karena semua itu tidak lepas dari pengorbanan yang bertolak belakang dengan keinginan hawanafsu. Mengekang keinginan untuk kemudian mengalihkannya kepada sesuatu yang lebih agung menurut pandangan ALLAH walau jiwa terasa berat menempuhnya….

Sudah siapkah…?!

*** Wallahu a’lam.
Share this article :

3 komentar:

  1. Saya Achmad Halima Saya ingin menyaksikan karya baik ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
     Saya saat ini tinggal di sini di Indonesia. Saya seorang janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada Maret 2017 dan saya harus membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
    Saya adalah korban penipuan kredit 3-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang berutang, saya dibebaskan dari penjara dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman bahwa ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dapat diandalkan.
    Untuk orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tetapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapatkan pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp900.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan baik ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya menyarankan jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (achmadhalima@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau ingin prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus
  2. Halo, saya Nyonya Christy Morris, pemberi pinjaman pribadi memberikan kesempatan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi utang Anda dengan segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang memiliki utang macet atau butuh uang untuk membayar tagihan, kami memberikan pinjaman dengan bunga rendah 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat dipercaya dan diuntungkan dan akan bersedia menawarkan Anda pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (christymorrisloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  3. Halo,
    nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat dapat diandalkan yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

    Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

    BalasHapus

alhamdulillah, semoga blog ini tetap eksis dan bermanfaat untuk ummat, bagi izzul Islam walmuslimin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Al-ghuraba - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template